Welcome To My Blog's

Kamis, 05 April 2018

Konfigurasi Blokir situs dengan mengunakan WEB PROXY pada Mikrotik

April 05, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai salah satu ilmu yang telah saya dapatkan pada Training MIkrotik MTCNA kemarin. Selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah proxy. Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Terdapat beberapa macam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu proxy yang merupakan fitur dari RouterOS MikroTik, yaitu Web Proxy.

D. ISI
Dalam pembahasan ini kita akan menekankan bagaimana cara melakukan pemblokiran website menggunakan Web Proxy Access. Contoh kasus, kita akan memblokir akses internet dari client ke www.mikrotik.com  

Sebelum konfigurasi kita lakukan ,pastikan dulu Komputer kita telah tersambung ke Internet. dan lakukan langkah seperti dibawah ini :

1. Langkah pertama kita masuk ke fitur IP-->WEbProxy--> centang kolom enabled

2. Langkah selanjutnya, masih pada fitur web proxy kita masuk pada access--> Dst.Host (isi dengan nama situs yang akan kita blokir) , Action=Deny --> Apply --> OK

3. Selanjutnya, kit masuk pada fitur IP--> Firewall --> NAT --> General --> Chain = dstnat --> Protocol = 6(tcp) --> Dst.port =80 --> In Interface = ether2 --> Apply --> OK

4. Masih pada fitur IP Firewall --> NAT --> Action --> Action=redirect --> To Ports=8080 --> Apply --> OK

5. Selanjutnya apabila seluruh konfigurasi sudah dilakukan, kemudian kita chek pada browser dengan menuliskan situs yang tadi sudah kita konfigurasi untuk di blokir , apabila konfigurasi berhasil maka situs akan menampilkan tampilan seperti dibawah ini.

6. Apabila anda masih kurang yakin dapat dicoba juga pada tab selanjutnya browser ,anda mengetikan nama situs lain yang tidak dikonfigurasi untuk diblokir, apabila masuk pada situs tersebut dan tidak muncul tampilan seperti pada situs yang diblokir berarti ,konfigurasi anda ini berhasil.

E. PENUTUP
Sekian yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, materi selanjutnya akan saya berikan pada waktu selanjutnya. Terimakasih ,semoga bermanfaat.

F. REFERENSI
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=123

0 komentar:

Posting Komentar