Welcome To My Blog's

Rabu, 04 April 2018

Konfigurasi Limitasi Bandwidth (Simpel Queues) pada Mikrotik

April 04, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , , , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai materi limitasi bandwidth / pembatasan suatu kecepatan bandwidth pada client secara sederhana dengan menggunakan fitur Simpel Queues pada winbox. Selamat membaca.

B. MAKSUD & TUJUAN
Pada sebuah jaringan yang mempunyai banyak client, diperlukan sebuah mekanisme pengaturan bandwidth dengan tujuan mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth sehingga semua client bisa mendapatkan jatah bandwidth masing-masing. QOS(Quality of services) atau lebih dikenal dengan Bandwidth Manajemen, merupakan metode yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pada RouterOS Mikrotik penerapan QoS bisa dilakukan dengan fungsi Queue.

C.ALAT & BAHAN :
  • Mikrotik
  • Kabel UTP
  • Software winbox
  • Jaringan internet
D. ISI
 Sebelum kit melakukan konfigurasi limitasi bandwidth secara sederhana dengan menggunakan fitur Simpel Queues pada mikrotik terlebih dahulu pastikan bahwa komputer sudah terhubung ke jaringan internet. kemudian apabila sudah pasti terhubung ,langsung saja kita mulai konfigurasinya.

1.Langkah awal yang kita lakukan yaitu dengan membuka fitur Queues-->General ( pada kolom name kita isikan nama bebas, kemudian pada kolom target kita isikan ethernet tujuan yang akan kita batasi bandwidthnya, kemudian pada kolom Max target upload dan target download kita isikan besaran maksimal target bandwidth yang akan kita berikan)

2. Kemudian masih pada fitur Queues kita masuk ke Advanced--> Limit target upload dan downloadnya) --> Apply -->OK

3. Selanjutnya kita menuju ke bagian dimana kita akan mengetest apakah konfigurasinya berhasil atau tidak, ini menggunakan softfile betest.exe , selanjutnya akan muncul fitur seperti dibawah ini, dan isikan sesuai dengan ketentuan , Address(ip ethernet target yang tadi sudah disetting untuk dilimitasi) --> Protocol (udp) --> user & password (isikan sesuai dengan user&password sesuai user & password mikrotik kita)

4. Apabila langkah ke-3 diatas tersebut maka selanjutnya kik start dan akan muncul kecepatan bandwidth sesuai dengan  yang sudah kita atur tadi.


E. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini, Terimakasih, semoga bermanfaat.

F. REFERENSI
Training Mikrotik MTCNA 2018

0 komentar:

Posting Komentar