Welcome To My Blog's

Jumat, 06 April 2018

Konfigurasi Blokir situs dengan mengalihkan ke situs lain dengan menggunakan Web Proxy

April 06, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamulaikum Wr Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai materi yang sudah saya dapatkan pada trainign MTCNA 2018. Selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah proxy. Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

C. MAKSUD & TUJUAN
Terdapat beberapa macam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu proxy yang merupakan fitur dari RouterOS MikroTik, yaitu Web Proxy.

D. ISI
Dalam pembahasan ini kita akan menekankan bagaimana cara melakukan pemblokiran website menggunakan Web Proxy Access. Contoh kasus, kita akan memblokir akses internet dari client ke www.mikrotik.com untuk dialihkan ke situs lazada.com  

Sebelum anda dapat melakukan konfigurasi terlebih dahulu pastikan bahwa komputer anda sudah terhubung dengan Internet.
Langkah-langkah sebelumnya dapat anda lihat pada blog sebelumnya yaitu blokir situs dengan menggunakan web proxy, nah disini kita hanya melanjutkan konfigurasi, seperti dibawah ini.

1. Langkah pertama, kita masuk pada IP --> Webproxy --> klik dua kali pada webproxy yang tadi sudah kita buat --> Access --> Dst.Port = 80 --> DSt.host = nama situs yang akan kita blokir untuk dialihkan ke situs lain --> Redirect to --> nama situs yang akan dijadikan untuk pengalihan --> Action=deny --> Apply --> OK



2. Apabila seluruh konfigurasi sudah dilakukan, dan konfigurasi seperti diatas itu sudah dilakukan, kemudian kita coba cek pada browser , ketikan nama situs yang tadi sudah kita blokir untuk dialihkan

3. Apabila konfigurasi berhasil maka browser yang tadinya kita ketikan nama situs yang sudah di blokir untuk dialihkan, maka akan secara otomatis teralihkan ke situs tujuan pengalihan secara otomatis.



E. PENUTUP
Sekian materi yang dapat saya sampaikan , Terimakasih, semoga bermanfaat.

F. REFERENSI
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=123

0 komentar:

Posting Komentar