Welcome To My Blog's

Sabtu, 07 April 2018

Metode Installasi Proxmox

April 07, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
A. PENDAHULUAN
Asalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai Metode Installasi Proxmox, Selamat membaca.

B. ISI
Sama seperti install sistem operasi berbasis Linux lainnya install Proxmox ada beberapa metode instalasi antara lain : 
a. Menggunakan CD Installer Cara ini merupakan yang sudah umum digunakan karena Proxmox 
   sudah dikemas dalam 1 keping CD. Proses instalasi dapat dilakukan dalam beberapa langkah saja       tanpa Proxmox Cloud Computing (Virtualisasi) 9 konfigurasi yang rumit. 
b. Menggunakan Live USB Cara ini memiliki cara kerja yang sama dengan menggunakan CD                installer hanya berbeda pada media yang digunakan adalah USB flash. Metode ini sangat                    bermanfaat apabila suatu komputer tidak memiliki perangkat CD/DVD ROM. 

2.5 Instalasi Proxmox Setelah mempelajari mengenai pengenalan Proxmox tahap selanjutnya adalah        melakukan proses instalasi Proxmox untuk dapat digunakan sebagai OS virtualisasi. Perlu                   diketahui bahwa Proxmox bersifat Bare-Metal OS sehingga sistem antarmuka yang digunakan             akan berupa Text Mode dan sebagian konfigurasi yang dilakukan melalui sistem remote. Berikut        adalah langkah-langkah yang dijalankan untuk proses instalasi Proxmox.
a. Download Proxmox VE di http://www.proxmox.com/downloads/proxmox. 
b. Burning kedalam CD atau menggunakan Live USB. 
c. Booting komputer menggunakan CD yang sudah diburn atau jika tidak boot komputer                          menggunakan USB. 
d. Pada langkah pertama akan muncul halaman awal instalasi, kemudian tekan ENTER.

e. Langkah selanjutnya pilih I Agree pada bagian lisensi. Proxmox ini dirilis dalam lisensi GPL sehingga bisa digunakan secara bebas atau free.

f. Setelah menyetujui lisensi langkah berikutnya adalah memilih hardisk yang akan digunakan untuk sistem Proxmox. Perlu diketahui bahwa Proxmox akan mengformat seluruh isi hardisk dan mengisinya dengan sistem. Jadi hendaknya backup terlebih dahulu bila sebelumnya hardisk tersebut berisi data-data penting.

 g. Berikutnya adalah mengatur Location and Time selection yaitu menentukan lokasi dan zona waktu sistem Proxmox VE. Isikan pada tab Country dengan Indonesia.

h. Sama seperti sistem operasi Linux lainnya Proxmox juga mewajibkan untuk penggunanya menetapkan password. Secara default sistem Proxmox memiliki user root. Kemudian isikan E-mail, hal ini digunakan untuk monitoring, sehingga segala bentuk informasi akan dikirimkan ke e-mail tersebut.

i. Karena Proxmox dalam konfigurasinya kebanyakan menggunakan web based maka dalam hal ini wajib diatur IP untuk keperluan remote menggunakan web

 Setelah langkah-langkah yang telah dilakukan tadi maka proses instalasi pun dapat berjalan. Tunggu sekitar kurang lebih 30 menit sampai proses install selesai.

C. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Terimakasih semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr Wb

D. REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/Proxmox_Virtual_Environment
E-book Proxmox-Cloud-Computing  Virtualisasi pada portal BLC Telkom Klaten

0 komentar:

Posting Komentar