Welcome To My Blog's

Rabu, 07 Maret 2018

Konfigurasi VPN Connection Pada Mikrotik

Maret 07, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai konfigurasi VPN Connection pada Mikrotik. Selamat Membaca.

B. LATAR BELAKANG
Latar Belakang mempelajari materi mengenai VPN Connection ini adalah, menjadi pengetahuan kita bahwa apabila kita akan memanfaatkan hotspot orang lain tanpa orang itu mengetahui bahwa kita tersambung dengan hotspotnya, maka dapat kita gunakan dengan mengkonfigurasi VPN Connection tersebut pada mikrotik.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
VPN dalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) memanfaatkan jaringan public sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet di masing-masing site.
Ketika mengimplementasikan VPN, interkoneksi antar node akan memiliki jalur virtual khusus di atas jaringan public yang sifatnya independen. Metode ini biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure, seperti system ticketing online dengan database server terpusat.
D. ALAT DAN BAHAN
1. 1 buah laptop
2. 1 buah router
3. Kabel UTP
4. Software Winbox
5. Jaringan Internet.

E. ISI
Langkah pertama yang kita lakukan sebelum memulai konfigurasi adalah, pastikan komputer sudah terhubung dengan internet.

1. Langkah pertama, kita buka PPP --> Profiles --> General (name , local address (masukan ip addres port yang terhubung dari laptop ke router) , remote address (masukan ip address yang satu range dengan ip yang diisikan pada local address)) --> Apply --> OK

2. Kemudian, PPP --> Secrets -->  name , password (diisikan sesuai keinginan kita) , service (isikan mode yng akan digunakan) ,profil (isikan sesuai dengan name yang tadi sudah kita buat) --> Apply --> OK

3. Selanjunya, kita masukan Interface --> PPTP Server --> centang pada kolom enabled --> Apply --> OK

4. Selanjutnya kita membuat settingan network VPN pada laptop kita, apabila sudah terbuat, kemudian kita ubah settingan network laptop menjadi DHCP dan sambungkan dengan VPN.

5.  Apabila konfigurasi kita berhasil maka akan muncul icon gembok pada icon network laptop kita.

F. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb

G. REFERENSI
Ebook Mikrotik MTCNA 2012 pad aportal hotspot BLC Telkom Klaten.


0 komentar:

Posting Komentar