Welcome To My Blog's

Rabu, 28 Februari 2018

Konfigurasi Bridge Pada Mikrotik

Februari 28, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , 1 comment
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr. wb
Pada kesempatann kali ini saya akan sharing mengenai konfigurasi Bridge pada Mikrotik.

B. LATAR BELAKANG
Latar Belakang mempelajari materi konfigurasi Bridge ini adalah sebagai pengetahuan kita mengenai pembagian koneksi internet dengan menjadikan jembatan/ jalur koneksi menjadi satu segmen.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan dibuatnya konfigurasi Bridge ini karena , bridge memungkinkan network yang satu tergabung dengan network di sisi satunya secara transparan, tanpa perlu melalui routing, sehingga mesin yang ada di network yang satu bisa memiliki IP Address yang berada dalam 1 subnet yang sama dengan sisi lainnya.

D. ISI
Sebelum kita melakukan konfigurasi bridge untuk komputer server terlebih dahulu pastikan komputer sudah terhubung dengan internet.

1. Masuk pada fitur Bridge --> Bridge --> + (bridge1) --> Apply --> OK

2. Kemudian masih pada fitur Bridge , pilih fitur Ports --> + --> interface (ethernet 1) --> Apply --> OK
Selanjutnya masih pada fitur Ports --> + --> interface (ethernet 2) --> Apply --> OK

Selanjutnya masih pada fitur Ports --> + --> interface (ethernet 3) --> Apply --> 
 OK
 

3. Apabila seluruh konfigurasi sudah dilakukan maka selanjutnya kita menuju ke New Terminal --> Ping 8.8.8.8 (apabila berjalan maka konfigurasi berhasil)
Dapat juga dicoba ping lagi dengan mengisikan ping (ip ether 3 / komputer client) , apabila berjalan berarti kita sudah berhasil juga membuat konfigurasi bridge pada komputer server.

Kemudian ,apabila konfigurasi pada komputer server telah berhasil, selanjutnya mari kita check pada komputer client apakah berhasil atau tidak .

1. Langkah yang dapat kita lakukan untuk membuktikan apakah konfigurasi bridge pada komputer server berhasil atau tidak, yaitu dengan melakukan test ping pada New Terminal --> ping 8.8.8.8 , apabila berjalan berarti berhsil.

2.Langkah selanjutnya dapat juga dibuktikan lagi dengan melakukan test ping google.com 
  

3. Selanjutnya dapat kita buktikan dengan melakukan searching pada browser, apabila tersambung dengan internet berarti konfigurasi kita telah berhasil.


E. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sharingkan pada kesempatan kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb

F. REFERENSI
Ebook MTCNA 2012 pada portal hotspot BLC Telkom Klaten.

1 komentar: