Assalamualaikum wr. wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai materi cisco chapter9.
B. ISI
MATERI CISCO CHAPTER 9
Proses ‘Troubleshooting’- Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.
- Mengumpulkan Informasi
melaporkan masalah dan berbagi
pengalaman dengan pengguna yang
pernah terkena masalah yang sama.
Mengumpulkan informasi tentang
peralatan apapun yang mungkin
terkena dampak.
Pendekatan ke ‘Troubleshooting’
- Memilih pendekatan troubleshooting
Divide-and conquer
Bottom-up
- Pendekatan bagus lainnya
Substitution
Mendeteksi Masalah Fisik
- Menggunakan panca indra
Penciuman
Peraba
Pendengaran
- Menggunakan Software dan Utility
ping
netstat
tracert
nslookup
Mengatasi Masalah Utility
- Informasi IP Windows
ipconfig /all
ipconfig /release and ipconfig /renew
Menguji Konektivitas Jaringan
- Menggunakan perintah ping
Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
- Apa hasil dari ‘ping’?
Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Utilitas IP Berguna Lainnya
- Bisakah saya mencapai tujuan?
- Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
- Mengatasi Masalah DNS
pengguna untuk mencari informasi
tentang nama DNS tertentu di server
DNS.
Masalah Konektivitas
- Divide and Conquer
default gateway
Ping dari klien berkabel ke
default gateway
Ping dari klien wireless ke
klien berkabel
- Bottom Up
LED mungkin berubah warna
atau flash untuk menyampai-
kan informasi
Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah yang Umum
- Masalah Perkabelan
Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
Pastikan port yang benar sedang digunakan.
Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Memecahkan Masalah Wireless
- Penyebab Masalah Wireless
Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
- Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
Masalah DHCP dan Alamat IP
- Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
- Masalah DHCP dan Alamat IP (Cont.)
-Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
-Mungkinkah itu Firewall?
Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke portitu.
-Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
Menggunakan Sumber Luar untuk Bantuan
- Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
- Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
- Menggunakan Meja Dukungan
Menjaga Catatan/Nama Baik
- Menyelesaikan Masalah
Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan
- Tiket dan Tata Kerja
pelanggan yang relevan informasi.Informasi dipindahkan ke sebuah
tiket masalah, atau laporan kejadian.Bila diperlukan panggilan di tempat,
informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.
C. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih, semoga bermaanfaat.
D. REFERENSI
Ebook CCNA Cisco chapter 9.
0 komentar:
Posting Komentar