Welcome To My Blog's

Selasa, 27 Februari 2018

Setting Dasar Pengamanan Mikrotik

Februari 27, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai konfigurasi dasar tentang pengamanan mikrotik, selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG 
Latar belakang adanya pengetahuan mengenai konfigurasi dasar pengamanan mikrotik adalah sebagai pengetahuan dasar bagi pemula yang baru belajar tentang mikrotik maupun sebagai salah satu ilmu pengamanan mikrotik kita, agar tidak mudah dengan sembarangan digunakan oleh orang lain.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuannya yaitu sebagai pengetahuan maupun referensi untuk kita terutama yang baru belajar mengenai Mikrotik, karena ini termasuk suatu pengetahuan dasar bagi pemula, yaitu bagaimana cara mengamankan mikrotik kita, agar tidak mudah untuk digunakan orang lain.

D. ISI
Langkah-langkah berikut ini merupakan cara sederhana untuk mengamankan mikrotik anda.
1. Langkah pertama kita dapat mengganti nama perangkat mikrotik kita supaya, apabila mikortik kita tiba tiba keluar dan kita akan me reconnect kembali, biasanya kan muncul banyak perangkat mikortik, nah langkah berikut ini untuk memudahkan kita mereconnect mikortik kita supaya tidak tertukar dengan mikortik lain.
kita membuka System-->Identity(mengisikan nama mikrotik sesuai dengan keinginan kita)-->Apply-->OK.


2. Langkah kedua yang dapat kita lakukan untuk mengamankan mikrotik kita adalah dengan melalukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Buka System-->Users-->Klik + --> isikan pada kolom name (sesuai dengan keinginan kita) , isikan kolom group dan pilih yang full(supaya kita dapat tetap bisa mengkonfigurasi pada mikrotik tersebut, karena apabila memilih write kita hanya bisa mengkonfigurasi namun tidak dapat tersimpan sedangkan apabila memilih read ,kita tidak dapat melakukan konfigurasi), kemudian isikan password sesuai dengan keinginan kita dan masukan kembali password yang sama pada kolom confirm password --> Apply -->OK
 

2.Langkah kedua kita menghapus (remove) pada users yang bernama admin dengan cara mengeklik tulisan admin tersebut dan klik tanda - pada bagian atas.

3. Langkah ketiga, selanjutnya masuk pada pilihan IP --> Neighboar --> kemudian klik seluruh ether maupun wlan yang terdapat disitu, dan rubah pengaturannya menjadi disable .

4. Langkah selanjutnya, mari kita buktikan langkah pengamanan kita tadi, dengan cara kita mengeklik pada bagian session yang terdapat dipojok kiri atas winbox kita dan pilih disconnect, maka kita secara otomatis akan keluar dari winbox menuju ke tampilan awal kita akan masuk ke winbox, nah disitu kan terdapat kolom login dan password yang apabila pada awal kita menggunakan winbox biasanya nama loginnya admin dan passwordnya kosong, dan kita klik connet , pasti akan gagal dan biasanya muncul tulisan ERROR seperti pada contoh gambar dibawah ini.

5. Karena tadi kita sudah mengganti system users pada pengaturan untuk pengamanan mikrotik kita, maka sekarang kita hanya dapat masuk ke winbox dengan memasukan login dan passwordnya sesuai dengan yang tadi sudah kita buat, dan bisa dilihat pada winbox anda masing masing pasti tidak muncul mac address ip address dll seperti biasanya itu, nah hal itu dikarenakan tadi kita sudah mendisable ip neighboar namun apabila kita memasukan login dan passwordnya benar selanjutnya kita klik connect pasti akan masuk pada winbox.

E. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sharingkan mengenai pengamanan mikrotik. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb

F. REFERENSI
Ebook MTCNA 2012 pada portal hotspot BLC Telkom Klaten

0 komentar:

Posting Komentar