Welcome To My Blog's

Selasa, 09 Januari 2018

DASAR-DASAR JARINGAN PADA KOMPUTER

Januari 09, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri No comments

A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr . wb
Pada Kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai DASAR-DASAR JARINGAN PADA KOMPUTER , selamat membaca. 

B. LATAR BELAKANG
Sebelum kita mampu mempelajari Jaringan pada Komputerlebih dalam lagi, terlebih dahulu kita harus mampu mempelajari dasar-dasarnya, sehingga dalam mempelajari jarigan lebih dalam akan lebih mudah.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan kita belajar mengenai dasar-dasar jaringan pada komputer adalah untuk lebih menambah ilmu kita mengenai jaringan sebelum kita lebih jauh lagi belajar jaringan.

D. ISI

1.     PENGERTIAN
Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan atau komputer yang saling dihubungkan untuk berbagi sumber daya.
Setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
·       1.  Client-Server
Yaitu jaringan komputer yang terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertidak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lain nya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.
·        2.  Peer-to-Peer
Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

2.     PERALATAN  JARINGAN
Peralatan Jaringan yang umum dipakai, sbb:
1.     Modem
2.     Hub dan Switch
3.     NIC (Network Interface Card) / LAN card

  3. MACAM-MACAM JARINGAN :
1. Local Area Network (LAN)
Jaringan ini merupakan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource misalnya, printer, scanner dan saling bertukar informasi. LAN menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN dapat beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari LAN dengan transfer data berkecepatan tinggi dengan jangkauan 10 hingga 50 km yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.
3. Wide Area Network (WAN)
                               
Jaringan dapat mencakup area yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN dan MAN. WAN dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari WAN. Maka jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
4. Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.
 5. Jaringan Tanpa Kabel                                                                                                                                         Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
   4.   BERDASARKAN MEDIA TRANSMISINYA
·       1.  Jaringan Berkabel Atau Wired Network
Jenis jaringan komputer yang satu ini biasanya menggunakan media kabel sebagai media transmisinya dan jaringan ini disebut juga dengan jenis jaringan menggunakan media transmisi terpadu (Guided Transmission Media). Media transmisi data yang kita gunakan dalam jaringan berupa kabel. Pada kabel tersebut itu digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya supaya dapat saling bertukar data atau informasi atau yang terhubung dengan adanya internet. Beberapa kabel yang bisa digunakan untuk membuat model jaringan seperti ini diantaranya, Kabel Coaxial, Kabel TP ( STP dan UTP ), serta Kabel Fiber Optic.

·     2.    Jaringan Nirkabel Atau Wireless Network
Pada jaringan ini dibutuhkan adanya gelombang elektromagnetik yang menjadi media transmisi datanya. Jenis jaringan ini juga disebut sebagai jenis jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpandu (Unguided Transmission Media) Berbeda dengan adanya jaringan berkabel atau wired network, dimana pada jaringan ini tidak menggunakan adanya kabel untuk bisa bertukar data atau informasi dengan komputer lainnya, melainkan menggunakan suatu gelombang elektromagnetik dalam mengirimkan sinyal data atau informasi antar komputer satu dengan komputer yang lainnya. Beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain : Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

 5. TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah Ring, Bus, Star, Mesh dan Tree.
·     1.  Topologi Ring


                                          
Sesuai dengan namanya, yaitu ring atau cincin, maka semua komputer pada jaringan dengan topologi ring dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah cincin. Topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.
·        2. Topologi Bus


                         
Pada topologi bus, semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut dihubungkan melalui sebuah bus atau jalur komunikasi data yang berupa kabel coaxial yang berfungsi sebagai pembawa sinyal dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
·        3.  Topologi Star

                                       
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub atau switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Media transmisi yang biasa digunakan pada topologi star adalah kabel UTP (Unshieled Twisted Pait).
·         4. Topologi Mesh
  
                              
Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dengan jaringan yang menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
·        5.  Topologi Tree
                                                   
Topologi jaringan komputer tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

E. PENUTUP
Sekian materi yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, Terimakasih, Semoga bermanfaat...
Wassalamulaikum wr. wb

0 komentar:

Posting Komentar