Welcome To My Blog's

Sabtu, 03 Maret 2018

Dasar-dasar Jaringan Komputer

Maret 03, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
PERALATAN JARANGAN

Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan atau komputer yang saling
dihubungkan untuk berbagi sumber daya.
Peralatan jaringan yang umum dipakai adalah sbb:
1. MODEM
Modem berasal dari singkatan
MOdulator DEModulator.Modulator merupakanbagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Jenis Modem :

a.Modem ADSL

Modem teknologi ADSL(Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan
berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan,sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa.Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
 Modem ADSL umumnya mempunyai dua tipe koneksi ke komputer :
1. USB (Universal Serial Bus)  
2. Ethernet /LAN port
 Modem ADSL juga ada yang digabungkan dengan Fitur Wireless sehingga bisa mendistribusikan koneksi ke perangkat wireless atau ke laptop langsung Modem ADSL juga ada yang digabungkan dengan Fitur Wireless sehingga bisa mendistribusikan koneksi ke perangkat wireless atau ke laptop langsung.Koneksi ADSL ke ClearOS bisa menggunakan tipe external static (ditentukan ip addressnya secara manual), external dinamic (Modem dienable DHCP server atau external PPPOE ( modem mode bridge, masukan user dan password dari ISPdi Server ClearOS). Untuk external static dan dinamic, user dan password dimasukkan di modem,modem mode router. 

b. Modem GSM/CDMA

Modem GSM/CDMA support dengan tipe jaringan GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA yang merupakan layanan internet dari operator selular. Modem GSM/CDMA memakai koneksi USB untuk terhubung ke komputer client. Untuk memperkuat sinyal, bisa ditambahkan antena eksternal dengan koneksi memakai konektor induksi atau memakai pigtail (tergantung jenis modemnya) Secara resmi ClearOS tidak mendukung koneksi USB. Jadi jika ingin memakai Modem GSM/CDMA diperlukan Router untuk merubah tipe koneksi ke Ethernet.
Secara resmi ClearOS tidak mendukung koneksi USB. Jadi jika ingin memakai Modem GSM/CDMA diperlukan Router untuk merubah tipe koneksi ke Ethernet.Modem Router

c.Modem Satelit/VSAT

VSAT (dalam bahasa Inggris, merupakan singkatan dari Very Small Aperture
Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima
berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

Komponen VSAT, terdiri dari:
•Unit Luar (Outdoor Unit (ODU):
1. Antena/dish/parabola ukuran 2 hingga 4 kaki (0.55-2.4 m), yang dipasang pada atap, dinding atau di tanah.
2.BUC(Block Up Converter), yang menghantarkan sinyal informasi ke
satelit.Juga sering disebut sebagai Transmitter (Tx).
3.LNB (Low Noise Block Up), yang menerima sinyal informasi dari satelit. Juga sering disebut sebagai Receiver (Rx)

•Unit Dalam (Indoor Unit (IDU)):
1.Modem (Modulator / Demodulator), sebuah alat dipanggil Return Channel Satellite Terminal yang menyambungkan dari unit luar dengan IFL kabel berukuran panjang tidak lebih 50 meter.
2. IFL (Inter Facility Link). Merupakan media penghubung antara ODU & IDU. Fisiknya biasanya berupa kabel dengan jenis koaksial dan biasanya
menggunakan konektor jenis BNC (Bayonet Neill-Concelman).
 Keluaran Modem VSAT dalam bentuk ethernet sehingga dapat dihubungkan ke ClearOS dengan pilihan external static atau external dinamic.

d. Modem Kabel

Modem kabel digunakan untuk untuk koneksi internet via saluran TV kabel. Kabel yang digunakan tipe coaxial. ClearOS mensupport modem kabel (cable modem) baik dengan tipe koneksi external cable maupun external static/dinamic.

0 komentar:

Posting Komentar