Welcome To My Blog's

Sabtu, 10 Maret 2018

Konfigurasi Routing BGP pada Mikrotik

Maret 10, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments


A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr. wb
Pada kesempatan kali ini, saya sharing mengenai konfigurasi Routing BGP pada Mikrotik. Selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
BGP (Border Gateway Protocol) adalah salah satu jenis protokol routing yang berfungsi untuk mempertukarkan informasi antar Autonomous System (AS). BGP ini merupakan sebuah Dinamic Routing dan pada mikrotik sendiri terdapat beberapa macam fitur dinamic routing selain BGP seperti OSPF dan RIP. Untuk pertukaran informasi BGP ini memanfaatkan protokol TCP sehingga tidak perlu lagi menggunakan protokol jenis lain untuk mengangani fragmentasi, retransmisi, acknowledgement dan sequencing.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Apabila kita berlangganan internet biasanya Provider Internet (ISP) mempunyai sebuah layanan untuk memisahkan jalur atau gateway antara koneksi internet Internasional dan OpenIXP. Dengan cara ini para customer dapat dengan mudah untuk melakukan management bandwith untuk akses kedua jalur tersebut. Biasanya metode yang sering digunakan adalah dengan BGP Peer.

D.ALAT DAN BAHAN
1. 2 buah komputer
2. 2 buah router
3. 5 buah kabel UTP (2 untuk penghubung antar komputer dan router masing-masing , 2 untuk penghubung router dan switch masing-masing, 1 untuk penghubung antar router dan router).
4. Software Winbox
5. Koneksi Internet

E. ISI
Sebelum kita melakukan konfigurasi pastikan komputer kita telah terhubung dengan internet, dan pastikan network  yang terhubung antar router itu sama, untuk kedua router.
  • Konfigurasi Router 1 :
1. Langkah pertama yang kita lakukan, yaitu masuk Routing --> BGP --> Instances --> apabila  pada kolom AS telah terisi 65530 , maka tinggal kita --> Applly --> OK.

2.  Langkah selanjutnya, Routing --> Peers --> General --> Kolom Remote Address isikan dengan ip yang tersambung antar router --> Remote Address isikan besaran dengan maks 65500 --> Apply --> OK

3. Langkah selanjutnya , Routing --> BGP --> Networks --> Network isikan ip yang tersambung antar komputer ke router kita --> Apply --> OK

  •  Konfigurasi Router 2 :
1. Langkah pertama sama seperti konfigurasi pada router 1.

 2. Langkah kedua juga sama dengan konfigurasi pada router 1.

3. Langkah ketiga ini kita masukan ip yang terhubung antar komputer dengan router kita.

  • Cek Konfigurasi pada router 1 :
1. Langkah pertama kita cek pada terminal winbox, dengan mengetikan ping ip network router ke 2, apabila berjalan berarti konfigurasi kita berarti konfigurasi kita berhasil.

2. Selanjutnya, kita cek ping pada terminal komputer, dengan mengetikan ping ip network router ke 2, apabila bejalan berarti berhasil.

3. Selanjutnya, kita akan melakukan remote router 2 , dengan mengetikan ssh admin@ip network router 2 , apabila error maka coba kita cek dengan mengetikan telnet ip network router 2.
Apabila berhasil maka kita akan disuruh memasuka login dan password untuk masuk pada winbox router 2, dan apabila berhasil maka akan masuk seperti tampilan dibawah ini, yaitu masuk pada routerr yang akan kita remote.

  • Cek Konfigurasi pada Router 2 :
 1. Langkah pertama sama seperti pada router yang pertama tadi, cek ping ip router 1 pada terminal winbox, apabila berjalan berarti berhasil.

2. Langkah kedua sama juga seperti pada router 1, cek ping ip router 1 pada terminal komputer, apabila berjalan berarti berhasil, selanjutnya kita mencoba remote router 1 , dengan cara ketikan ssh admin@ip route router 1 , apabila eror dapat kita coba juga dengan mengetikan telnet ip route router 1, apabila muncul login dan admin maka masukan sesuai dengan sebelum kita masuk pada winbox router 1

3. Langkah terakhir,apabila berhasil maka kita akan masuk pada router 1 , seperti pada gambar dibawah ini.


F. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih semoga bermanfaat .
Wassalamualaikum wr. wb

G. REFERENSI
Ebook Mikrotik MTCNA 2012 pada portal hotspot BLC Telkom Klaten
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=170







0 komentar:

Posting Komentar