Welcome To My Blog's

Selasa, 06 Maret 2018

Konfigurasi IP in IP (IP Tunnel) pada Mikortik

Maret 06, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr. wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai konfigurasi IP Tunnel, selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang mempelajari materi IP Tunnel ini yaitu sebagai pengetahuan kita mengenai bagaimana cara meremot mikortik sebuah komputer jarak jauh tanpa menggunakan kabel.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan adanya materi ini yaitu sebagai pengetahuan kita mengenai IP Tunnel terutama bagi yang ingin meremot sebuah mikortik namun dengan jarak yang jauh dan tanpa perlu menggunakan kabel, namun berbeda dengan EOIP karena pada IPinIP ini menggunakan IP yang berbeda sehingga harus disetting routenya terlebih dahulu agar dapat memanggil.

D. ALAT DAN BAHAN
1. 2 buah Komputer
2. 2 buah Router
3. 1 buah Switch (dapat juga menggunakan wireless)
4. 4 buah kabel UTP
5. Software winbox

E. ISI 
Protokol IPIP berkerja dengan mengenkapsulasi paket data dari satu IP ke IP lain untuk membentuk network tunnel. Berbeda dengan EoIP yang hanya bisa digunakan untuk router yang sama - sama MikroTik, IPIP dapat berjalan hampir di semua jenis router selama router tersebut mendukung protokol IPIP. Akan tetapi, IPIP tidak dapat di-bridge sehingga jringan lokal dibahwa router Head Office dan Branch Office harus menggunakan segmen IP addres yang berbeda.
  • Konfigurasi pada Komputer 1 :
Langkah yang perlu dilakukan sebelum memulai konfigurasi IP Tunnel, yaitu terlebih dahulu pastikan komputer sudah dapat terhubung dengan Internet ,apabila sudah terhubung, kemudian lakukan langkah seperti dibawah ini agar dapat melakukan Tunnel IP

1. Pilih fitur Interface --> + (pilih IP Tunnel)

 

2. Kemudian, isikan seperti pada kolom dibawah ini, Local Address (isikan IP DHCP route kita ) --> Remote Address (isikan IP DHCP route laptop yang satunya) --> Apply --> OK

3. Selanjutnya, masuk pada IP Address --> Address (bebas) --> Interface (tunnel IP) --> Apply --> OK

4. Kemudian, kita masuk pada fitur IP Route --> + --> Dst. Address (IP Laptop yang akan kita remote) --> Gateway (IP Tunnel) --> Apply --> OK

 5. Apabila semua langkah telah selesai, kemudian kita coba cek ping pada terminal winbox , New Terminal --> ping (IP Route DHCP laptop yang akan kita remote), apabila berjalan berarti konfigurasi pada mikortik telah berhasil.

6. Selanjutnya langsung saja kita coba remote mikrotik laptop yang akan kita remote sesuai konfigurasi tadi, jangan lupa ubah pengaturan network laptop menjadi DHCP. kemudian, langsung masuk terminal laptop dan terlebih dahulu lakukan ping (IP Route DHCP Laptop lawan). Apabila berhasil berarti konfigurasi kita berhasil.

 7. Langsung saja ,kita lakukan remote pada mikrotik yang akan kita remote sesuai dengan konfigurasi tadi. ssh admin@(IP Route DHCP Laptop lawan). apabila muncul tampilan seperti dibawah ini , kita ketikan yes dan enter.

8. Apabila berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini / kita masuk pada mikrotik laptop lawan yang tadi sudah kita konfigurasi untuk dapat di remote. namun apabila gagal coba dengan mengetikan telnet (IP Route DHCP laptop lawan) enter, dan masukan login beserta password sesuai dengan settingan mikortik lawan tersebut.

  • Konfigurasi pada komputer 2 :
Sama seperti konfigurasi pada komputer pertama, sebelum memulai konfigurasi pastikan Komputer sudah dapat terhubung dengan Internet, dan konfigurasi yang dilakukan pun sama hanya berbeda pada pemberian IPnya saja.

1. Langkah yang pertama masuk Interface, dan ada kolom Local Address (IP route DHCP komputer kita) , Remote Address (IP route DHCP laptop pertama) --> Apply --> OK

2.Selanjutnya tambahkan IP address yang sama dengan laptop1 untuk IP tunnel.

3. Selanjutnya tambahkan IP Route dan pada kolom Dst.Address masukan IP Address Laptop kita --> Gateway ( IP Tunnel) --> Apply --> OK

4. Apabila seluruh konfigurasi telah selesai, kemudian cek ping pada terminal winbox dengan mengetikan ping (ip route DHCP komputer lawan) , apabila berjalan berarti konfigurasi kita telah berhasil

5. Kemudian, langsung kita coba cek ping pada terminal komputer , ping (IP Route DHCP komputer tujuan) , apabila berjalan berarti berhasil.

6. Selajutnya, kita remote mikortik tujuan ssh admin@(ip route dhcp komputer tujuan) , apabila tampilan seperti dibawah ini berarti berhasil, dapat dibuktikan dengan melihat nama mikrotik yang tertera pada terminal.

 F. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

G. REFERENSI
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=91

0 komentar:

Posting Komentar