Welcome To My Blog's

Jumat, 09 Maret 2018

Konfigurasi Routing OSPF pada Mikrotik

Maret 09, 2018 Posted by Meidiana Amelia Putri , No comments
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr. wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai konfigurasi Routing OSPF pada mikrotik. Selamat membaca.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang dari kita mempelajari mengenai Routing OSPF ini adalah sebagai pengetahuan bagi kita untuk menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini diguakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar. Oleh karena itu untuk mempermudah penambahan informasi routing dan meminimalisir kesalahan distribusi informasi routing, maka OSPF bisa menjadi sebuah solusi.

D. ALAT DAN BAHAN :
1. 2 buah komputer
2. 2 buah router
3. 3 buah kabel UTP
4. Koneksi Internet
5. Software Winbox

E. ISI
Sebelum kita memulai konfigurasi Routing OSPF terlebih dahulu pastikan komputer kita sudah terhubung dengan internet.
  • KONFIGURASI ROUTER 1 :
1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah buka fitur Routing --> OSPF --> Instances --> name (isikan bebas) --> Redistribute Connected Routes (as type 1 / as type 2) --> Apply --> OK

2. Langkah selanjutnya,  Routing --> OSPF --> Networks (isikan IP network kita) --> Apply --> OK


  • KONFIGURASI ROUTER 2 :
1. Langkah pertama, seperti pada konfigurasi router 1.

2. Langkah selanjutnya, juga sama dengan konfigurasi router 1 ,hanya berbeda pada kolom Network , diisikan dengan IP network masing-masing router.

  • Cek Konfigurasi Router 1 :
1. Cek ping pada terminal winbox dengan mengetikan IP Network Router ke 2, apabila berjalan berarti kita berhasil menyambungkan router 1 dengan router 2.

2. Kemudian kita buktikan lagi dengan cek ping pada terminal komputer, ketikan ping ip network router ke 2, apabila berjalan berarti berhasil.

3. Selanjutnya, kita coba remote router ke 2 , dengan mengetikan telnet ip network router 2, apabila masuk maka akan muncul untuk kita memasukan login dan password sesuai dengan login dan password pada router yang dituju.

4.  Apabila berhasil remote maka akan masuk pada router yang dituju.

  • Cek Konfigurasi Router 2 :
 1. Seperti pada router 1, kita cek ping pada terminal winbox kita, dengan mengetikan ping ip network router 1, apabila berjalan berarti konfigurasi telah berhasil.

2. Seperti pada router 1 juga, kita tes ping pada terminal komputer, dengan mengetikan ping ip network router 1, apabila berjalan berarti konfigurasi kita berhasil, dan kita coba remot router 1 dengan mengetikan telnet ip network router 1, dan isikan login serta password sesuai dengan login dan password sebelum masuk pada winbox router 1.

3. Selanjutnya apabila berhasil, maka kita akan masuk pada tampilan router 1 seperti pada gambar dibawah ini.


F. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb

G. REFERENSI
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=154
Ebook Mikrotik MTCNA 2012 pada portal hotspot BLC Telkom Klaten

0 komentar:

Posting Komentar